Membangun Wajah Usaha Melalui Instagram Marketing


Apa itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah sebuah upaya pemasaran berbasis online yang memanfaatkan media sosial Instagram. Mengandalkan konten visual, Instagram marketing menjadi strategi jitu untuk membuat branding suatu usaha lebih baik lagi. Dahulu, wajah sebuah badan usaha dinilai baik lewat review yang dilakukan mulut ke mulut. Kemudian berkembang dengan adanya website dan e-commerce. Sekarang, mayoritas badan usaha sudah memiliki akun Instagram yang berguna sebagai garis terdepan untuk membangun wajah baik dari suatu badan usaha tersebut.

Sebagai contoh, coffee shop bernama Jore (@jorecoffee) yang terletak di kaki gunung Merapi, tepatnya terletak di utara TPR Museum Gunung Merapi, menggunakan akun Instagram untuk memasarkan produk dan sudut-sudut bangunan milik mereka agar lebih banyak orang lagi yang datang ke tempat mereka.


Tampilan yang rapi dan nyaman dipandang, dibantu oleh konten visual yang menarik untuk dilihat menjadi nilai plus untuk memasarkan suatu usaha lewat Instagram.

Fitur Pemasaran Instagram

Pemasaran/marketing lewat Instagram terbilang murah karena media sosial ini bersifat gratis dan bisa diakses oleh hampir semua orang yang memiliki akses internet. Instagram marketing bisa menggunakan fasilitas gratis dari Instagram yaitu:

  • Instagram Post,
  • Instagram Story,
  • IGTV,
  • Reels.
Namun, untuk optimalisasi pemasaran yang lebih baik, ada dua cara tambahan berbayar untuk meningkatkan pemasaran suatu akun Instagram:
  • Instagram Ads
  • Endorsement / Iklan Manual

Membangun Konten Sebuah Akun Instagram

Dapat dibilang pembuatan dan penyusunan konten akun adalah hal yang paling penting dalam Instagram marketing. Wajah sebuah akun badan usaha akan dilihat dari akun yang rapi dan tertata, juga seberapa menarik konten yang dibuat. Badan usaha besar seperti PT, BUMN, bahkan Kementerian mayoritas sudah memiliki divisi sendiri yang bertugas menyusun konten yang akan diunggah di akun resmi mereka. 

Sebuah PR tersendiri untuk badan usaha kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan penyusunan dan pembuatan konten Instagram tersebut karena membutuhkan tenaga dan usaha ekstra, di luar kegiatan mereka dalam berjualan/berusaha dan memproduksi produk mereka sendiri. 

Namun, @bangunpagicreative memberi solusi yaitu dengan menggunakan jasa Social Media Managing yang mereka miliki. Masalah seperti foto produk, pembuatan konten, penjadwalan unggah konten, bahkan copywriting pembuatan caption juga bisa diatasi. Dimulai dari 500rb, kalian bisa mempercayakan akun Instagram kalian dan mendapatkan hasil yang ciamik!

Comments